Vakansi Mini

Kemarin jatah usiaku kembali berkurang.

Kini angka di usiaku sama dengan angka tanggal hari ini. Aku resmi meninggalkan fase ‘remaja tanggung’ku, meninggalkan ’-teenth-age’-ku untuk memasuki fase kemanusiaan yang baru.

Kalau aku menjadi dewasa, kuharap aku mendewasa dengan baik.

________________________________

Salah satu janjiku di ulang tahunku kali ini adalah untuk menjadi bahagia. Ternyata mewujudkannya tidak begitu sulit; mengendarai motorku melewati jalan Punclut menuju Lembang dan berhenti di pinggir jalan raya Cikole sudah cukup untuk menghadiahi diriku sendiri. Anggap saja ‘penebusan’ setelah harus terjebak macet tak berkesudahan di ujung jalan layang Pasupati selama setengah jam lebih pada pukul setengah delapan pagi tadi. Penebusan dengan cara meliburkan diri dari hiruk-pikuk kota. Tak perlu siapa-siapa. Hadiah terbesar yang dapat kuberikan kepadaku sendiri adalah ketenangan dan kesendirian. Biarlah tahun ini aku merayakan pergantian usiaku dengan jurnalku dan buku ‘Catatan Seorang Demonstran’, buku yang berpengaruh dalam membentuk-ulang pribadiku selama setahun terakhir. Pertama karena, “Nggak ada duit,” (total biaya yang kukocek hari ini hanya sekitar Rp20.000,00) dan kedua karena, “Capek bertemu manusia.”

Hari ini, aku bervakansi dari segala hal kecuali menjadi manusia–tepat seperti apa yang pernah kubicarakan dengan salah seorang kawanku tempo hari.

Selamat menua, gadis bandel! Jangan menyerah pada lingkungan sekitar; menyerahlah pada hati nurani dan rasa kemanusiaanmu. Jangan berhenti menulis, karena hanya itulah yang bisa kau lakukan sejauh ini.

Jangan lupa bahagia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s