Idola K-Pop Pengagum Che Guevara dan Friedrich Nietzsche? Ada!

S__9863185.jpg

Ah, salah satu gambar kesukaanku. Jika kalian pikir orang yang mengunggah foto ini (dan pemilik motor dengan wajah dan nama Che Guevara terpampang di pelatnya) adalah orang biasa, atau mahasiswa aktivis pemberontak sistem, mari kita lihat ke bawah.

S__9863183.jpg

Namanya Bang Yong Guk, leader dari grup idola Korea Selatan, B.A.P. Dan bukan, dia bukan aktivis kampus seperti bayangan orang-orang saat melihat atribut dengan wajah Che Guevara melekat di permukaannya. Terkejut? Semoga tidak. Ini bukan, katakanlah, pencitraan seorang idola agar dapat diterima secara internasional (lagipula, Che ini merupakan tokoh ‘kiri’–bentuk pencitraan macam apa bagi seorang idola begini?). Yong Guk memang merupakan pengagum Che dan ide-idenya tentang proletarian. Ia membaca dan mengoleksi hal-hal yang berkaitan dengan sang aktivis Kuba itu.

463fd627625c08fe0e9bc49cf6bd7503.jpg

S__9863186.jpg

S__9863182.jpg

Dulu aku sempat meremehkan artis-artis dan idola-idola kebanyakan; kuanggap mereka tidak tahu banyak tentang realitas sosial dan hanya menciptakan tren sebagai boneka dari sistem di atas mereka untuk membodohi khalayak. Namun kemudian aku menemukan orang ini, Yong Guk. Selain mengagumi Che, ia memang banyak menciptakan lagu berlirik protes terhadap sistem pemerintahan Korea Selatan dan dunia, kritik terhadap budaya mainstream, dan sebagainya.

Tentu tidak hanya dirinya; ada satu orang idola lagi yang kukagumi karena pemikiran-pemikiran dan karyanya. Namanya Kim Nam Joon. Nama panggungnya Rap Monster, tapi mari kita panggil dengan nama Nam Joon saja agar tidak menimbulkan perasaan ingin tertawa (ya, nama panggungnya konyol sekali). Ia adalah leader grup idola BTS di Korea Selatan dan, seperti halnya Yong Guk, ia rajin mengkritisi pemerintah lewat lagu-lagu Hip Hop ciptaannya sejak usia muda. Salah satu kritiknya dilancarkan lewat lagu mengenai apatisme pemuda di Korea Selatan (dapat dilihat di sini). Nam Joon yang senang membaca buku pun lekat dengan karya-karya Haruki Murakami seperti Norwegian Wood–salah satu buku favoritnya–dan Kafka on the Shore, yang ia sebut dalam lirik lagu ciptaanya baru-baru ini. Selain itu, Nam Joon juga merupakan penganut aliran filsafat Nietzsche.

Cr4bLAkUMAA3QO0.jpg

Dan barangkali masih banyak anggota grup idola dalam industri K-Pop yang memegang aliran serupa, baik terang-terangan maupun tidak.

Sekadar menambahkan, aku menyukai K-Pop bukan hanya karena visualisasi dan musiknya, namun lebih karena orang-orang seperti Yong Guk dan Nam Joon. Ini menunjukkan kalau seorang artis, idola, atau entertainer tidak senaif kelihatannya. Bahkan bisa jadi mereka menganut ideologi dan aliran yang lebih dikenal orang sebagai minoritas, ‘kiri’, dan anarki.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s