Catatan 02:02

Memang benar, larut malam bukan waktu yang tepat untuk membuat dan memutuskan sesuatu.

Malam ini rasanya setengah-lucu, setengah-menyedihkan. Aku bermaksud untuk membaca sebuah buku sambil bersantai, jadi aku menyeduh segelas coklat hangat dan bergerak ke arah dispenser untuk mengisi gelas dengan air panas. Ah, tapi bodohnya aku; ternyata dispenserku rusak. Alhasil gelasku kadung penuh dengan air dingin. Bubuk coklat dan gula yang ada di dalamnya pun menggumpal.

Buru-buru kutuangkan sedikit air panas dari termos, berharap agar minuman hangatku dapat setidaknya terselamatkan. Namun nihil. Satu-per-lima air panas jelas tidak dapat berbuat banyak terhadap gumpalan coklat ini. Maka kuputuskan untuk mengambil gelas baru, menuangkan setengah isi gelas sebelumnya, lalu menambahkan masing-masing setengah bungkus bubuk coklat untuk diseduh dengan benar. Byur! Tumpah juga sebagian isi gelas yang sedang dipindahkan itu. Entah ulah kebodohanku atau nasib sedang iseng denganku (pola kesadaran magis). Lantas kubersihkan meja dan bergegas kutuangkan air panas ke masing-masing gelas. Voila, terhidanglah dua gelas coklat panas untukku sendiri. Kesedihan dan ironinya jadi berlipat ganda.

Lalu terpikirlah olehku sebuah analogi. Ya, maafkan aku, tapi aku senang sekali mengaitkan antara satu fenomena dengan fenomena lainnya menjadi suatu analogi. Kuibaratkan diriku belakangan ini seperti rentetan fenomena kecerobohan tadi. Ada keteledoran fatal, ada rencana B yang buru-buru disusun, ada penanganan masalah darurat, ada yang tumpah,dan ada ke-‘kadung’-an. Paling tidak, kedua gelas coklat tersebut dapat kuminum. Paling tidak, aku tidak harus membuang cairan manis yang menggumpal tadi ke saluran pembuangan air. Tidak ada yang perlu disesali dari hidup, menurutku. Yang penting kita jalan terus.

Ya sudah, biar kusesap lagi satu gelas ini. Masih ada satu yang tersisa, nih. Mau?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s